Tanggap Bencana, Kodim 0113/Gayo Lues Gandeng BPBD dan DAMKAR

oleh

Suarajurnalisnews.com-Gayo Lues.

Kodim 0113/ Gayo Lues melaksanakan program pembinaan masyarakat tanggap bencana dengan mengambil tema “Bersama TNI Membangun Bangsa”, bertempat di Aula Kodim 0113/ Gayo Lues yg dilaksanakan pada tanggal 08 dan 09 september 2022.

Dandim 0113/ Gayo Lues letkol inf Krismanto S.pd, dalam sambutannya
menyampaikan,

“Program ini dilaksanakan untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam”, ucapnya.

Dalam kegiatan ini Kodim 0113/Gayo Lues juga menggandeng pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (DAMKAR), Babinsa, relawan dan organisasi kemasyarakatan, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

“Kegiatan edukasi kebencanaan ini sangatlah penting untuk terus disosialisasikan kepada stakeholder maupun unsur komponen terkait agar dapat tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana, ” tuturnya.

Beberapa wilayah di Kodim 0113/ Gayo Lues dapat dibilang berpotensi atau rawan terjadi bencana alam terutama longsor dan Banjir serta Kebakaran Hutan,

Komandan Kodim menambahkan, BPBD dan Petugas DAMKAR sengaja dihadirkan dalam kegiatan ini untuk membantu secara tehnis dengan memberikan materi dan praktek terkait penanggulangan bencana alam. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kita mengharapkan sinergi dan kolaborasi dengan unsur maupun komponen masyarakat lainnya dapat terbangun dan bisa berjalan dengan baik,

Selain melakukan edukasi secara intensif kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, karena edukasi penting dilakukan mulai dari hal yang kecil, Satuan teritorial TNI juga melakukan pemetaan terkait kerawanan bencana alam.

“Diharapkan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat, ” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Materi oleh  Anggota BPBD dan DAMKAR Kab. Gayo Lues  terkait dengan cara tehnis pemberian bantuan terhadap korban bencana alam.

No More Posts Available.

No more pages to load.