Sukseskan Program Food Estate, Kodim 0113/Galus Tanam Padi di Lahan Tidur

oleh

Susrajurnalisnews.com-Gayo Lues.

Merujuk kepada perintah Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dalam rangka mengantisipasi krisis pangan yang menjadi dampak lanjutan dari konflik Rusia-Ukraina dan membantu kesulitan masyarakat dengan melakukan penanaman pohon jagung atau padi dan hasilnya diberikan kepada masyarakat.

Dengan adanya perintah tersebut maka Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan melakukan terobosan dengan membuat program food estate yang kemudian ditindak lanjuti hari ini oleh Kodim 0113/Gayo Lues.

Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Krismanto, S.Pd, memimpin langsung kegiatan Program Food Estate berupa penanaman padi di area lahan kosong dusun Arul Lemu Kota Blangkejeren Gayo Lues, selasa (29/8/2022).

Penanaman Padi  oleh Dandim beserta Forkopimda Gayo Lues bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan, khususnya di Gayo Lues dengan cara memanfaatkan lahan yang belum dimaksimalkan dengan baik.

“Kebetulan disini ada lahan milik kita yang masih belum digunakan dengan baik. Sehingga Kodim berinisiatif untuk mengolah lahan untuk dimaksimalkan,” jelas Krismanto

Ketahanan pangan, lanjut Dandim, sangat penting. Mengingat saat ini kebutuhan bahan pokok sangat meningkat, sedangkan jumlah komoditasnya kian berkurang. Sementara, untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan juga dibutuhkan impor barang.

“Ini adalah upaya kami untuk membantu masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan, dengan cara memanfaatkan lahan yang belum digunakan dengan baik, nantinya hasil panen akan kita kembalikan ke masyarakat,” tegasnya.

Food Estate yang dilaksanakan di Gayo Lues kata Dandim juga untuk menjadi solusi mengatasi stunting, sebagai mana persoalan tersebut selama ini mendera masyarakat Gayo Lues dan sudah menjadi perhatian pemerintah.

Selain itu, Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru menyampaikan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Kodim Gayo Lues, dengan dijalankannya program ini diharapakan dapat memerangi laju stunting di Gayo Lues.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kita dengan  bersama-sama memerangi laju stunting di Gayo Lues”, sampainya

Tanam padi di lahan kodim merupakan salah satu bentuk dukungan dari intansi pertikal, dalam hal ini Kodim 0113/Gayo Lues secara bersama-sama bergotong royong memerangi stunting yang selama ini manjadi isu nasional yang harus dituntaskan.

Selain itu, Bupati juga berharap kepada Kodim Gayo Lues agar terus berperan serta dalam mengkampayekan tetang pemahaman pentingnya asupan gizi yang cukup untuk mengatasi stunting.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Gayo Lues H.M Amru, Kajari Gayo Lues Ismail Fahmi, SH, Kapolres Gayo Lues  diwakili AKP Zul Fikar, Kadis Pertanian Juanda Syahputra, SH, MH diwakili Kabid Penyuluhan Suharni, SP Para Pasi Kodim, Para Danramil Jajaran , Ketua Persit KCK Cab XXVI Dim 0113.Pipin Krismanto, Camat Blangkejeren Jusmalera Senja, S.Sos.,MSP dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Blangkejeren.(Hendri)

No More Posts Available.

No more pages to load.