Semarak HUT ke-77 RI, PLN Lakukan Pasang Listrik Gratis untuk 5.600 Rumah Tangga di Sumut

oleh

Sumut Suarajurnalisnews.Com||

Sebagai salah satu BUMN terbesar yang menjalankan bisnis lewat penjualan produk kelistrikan, PT PLN (Persero) tak lupa pula melakukan misi sosial dengan melakukan pemasangan listrik secara gratis demi pemerataan penerangan hingga pelosok Negeri. Rabu, 24/08/2022.

Hal itu pula yang dilakukan PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) dalan memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Dalam agenda tahunan kali ini, PLN menyatakan siap melakukan misi tersebut kembali melalui Program Pemerintah Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis di Sumatera Utara.

GM PLN UIW Sumut yang diwakili SRM Niaga Chairudin, ST menjelaskan, dalam menjalankan misi di hari kemerdekaan tahun ini lewat program bantuan listrik gratis dari pemerintah, PLN UIW Sumatera Utara menargetkan sambung listrik gratis sebanyak 5.600 sambungan untuk rumah tangga tidak mampu di Sumatera Utara.

“Program Bantuan Pasang Baru Listrik dalam program BPBL diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berada di daerah 3T atau rumah tangga tidak mampu yang layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat setingkat”, terangnya.

Di samping, lanjut Chairuddin, kegiatan yang berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini, merupakan bagian dari target pemerintah yang akan menyasar 80.000 rumah tangga tidak mampu, yang hingga kini belum berlistrik di seluruh Indonesia.

“80.000 rumah tangga itutersebar di 2.152 Desa/Kelurahan di 17 Provinsi di Indonesia. Program ini dilaksanakan menggunakan pendanaan APBN tahun 2022”, terangnya.

Menimpali hal itu, Manager PLN UP3 Lubuk Pakam Deny Fitrianto menjelaskan, untuk wilayah kerjanya, sedikitnya ada 12 rumah tangga yang akan menerima manfaat program ini. “Skema pada program bantuan ini, calon penerima BPBL akan mendapatkan pemasangan instalasi tenaga listrik, pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik, penyambungan baru dan pengisian token listrik perdana”, tuturnya.

Harapan Deny, program dari pemerintah ini kedepannya bisa membantu masyarakat dalam beraktivitas dan dapat meningkatkan taraf perekonomian mereka kedepannya.

Sementara, Abdul Malik, seorang Petani penerima program BPBL yang berlokasi di Kabupaten Deliserdang, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan pemerintah ini.

“Alhamdulillah, kami tentu sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah khususnya kepada PLN yang sangat peduli dengan masyarakat seperti kami yang selama ini tidak bisa menikmati kebutuhan listrik karena biaya. Semoga ke depan PLN semakin sukses,” ujar Malik.

Senada juga diutarakan Ardian Saragih, masyarakat Deliserdang lainnya yang juga nenerima manfaat pasang baru listrik gratis di hari kemerdekaan tahun ini.

“Satu harapan kami, semoga misi PLN dalam menerangi hingga pelosok Negeri secepatnya terlaksana”, harapnya.(Ilyas)

No More Posts Available.

No more pages to load.