Polres Aceh Selatan Gelar Operasi Zebra Seulawah 2022

oleh

Suarajurnalisnews.com-Aceh Selatan. Kepolisian Resor Aceh Selatan melaksanakan Apel gelar pasukan Operasi Zebra Seulawah 2022 dalam rangka tertib berlalu lintas guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang presisi, Senin (02/10/ 2022) Bertempat dihalaman Mapolres Aceh Selatan,

Bertindak selaku pemimpin apel Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K sekaligus membacakan amanat Kapolda Aceh, dan selaku perwira apel Kasat Samapta Polres Aceh Selatan AKP Wiet Dasmara dan Komandan Apel Kasie Propam Polres Aceh Selatan Ipda M. Akhir.

Apel Gelar Pasukan tersebut dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan, Dandim 0107 Aceh Selatan, Wakapolres Aceh Selatan, Kadishub Kabupaten  Aceh Selatan, Kasubdenpom Aceh Selatan, Kasatpol PP/WH, Perwakilan PT. Jasa Raharja Aceh Selatan serta PJU Polres Aceh Selatan.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pemimpin apel dilanjutkan dengan penyematan pita oleh pemimpin apel kepada masing – masing perwakilan dari Polri, Perwakilan POM , dan Dinas Perhubungan Aceh Selatan tanda dimulainya operasi.

Dalam amanat Kapolda Aceh yang dibacakan oleh Kapolres Aceh Selatan Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut dengan tujuan “Operasi Zebra Seulawah 2022” untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dan sarana pendukung guna pelaksanaan Operasi yang akan digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 3 Oktober s.d 16 Oktober 2022.

Perlu kita ketahui bersama berdasarkan data analisa dan evaluasi pelaksanaan operasi zebra seulawah tahun 2020 dan 2021 di wilayah hukum polda aceh yaitu tahun 2020 terdapat 35 kejadian dan tahun 2021 terjadi 27 kejadian dengan korban meninggal dunia terjadi kenaikan 11% untuk tahun 2020 sejumlah 9 korban jiwa dan tahun 2021 kenaikan menjadi 10 korban jiwa, selain itu, selama pelaksanaan operasi zebra seulawah tahun 2021 tidakdilakukan penindakan pelanggaran di karenakan pada saat itu masih dalam situasi pandemi covid 19.

tingginya angka kecelakaan lalu lintas tersebut sangat berkolerasi terhadap jumlah fatalitas korban, baik korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan. demi terwujudnya kamseltibcarlantas yang lebih kondusif, kepolisian negara republik indonesia, khususnya polisi lalu lintas, yang didukung oleh satuan fungsi lainnya serta melibatkan para pemangku kepentingan, akan melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi “zebra seulawah-2022” yang diawali dengan apel gelar pasukan pada masing-masing daerah.

apel gelar pasukan yang dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan operasi zebra seulawah tahun 2022, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapaan personel maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi yang akan digelar mulai tanggal 3 oktober 2022 sampai dengan 16 oktober 2022 di jajaran polda aceh. sehingga diharapkan kegiatan operasi berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan target serta sasaran yang telah ditetapkan. selain itu, operasi ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas di provinsi aceh.

hadirin dan para peserta apel gelar pasukan yang saya banggakan, ditinjau dari faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya, faktor manusia atau pengemudi memiliki andil yang besar. oleh karena itu, pada pelaksanaan operasi zebra seulawah 2022 kali ini, beberapa pelanggaran yang berpotensi terhadap kecelakaan perlu mendapat perhatian untuk dijadikan sasaran

prioritas operasi, antara lain:

  1. pengemudi atau pengendara ranmor yang
    menggunakan ponsel saat berkendaraan;
  2. pengemudi atau pengendara ranmor yang
    masih dibawah umur;
    3 pengemudi atau pengendara sepeda motor
    yang berboncengan lebih dari satu orang;
  3. pengemudi atau pengendara sepeda motor
    yang tidak menggunakan helm sni dan
    pengemudi ataupun pengendara ranmor
    yang tidak menggunakan safety belt;
  4. pengemudi atau pengendara ranmor dalam
    pengaruh atau mengensumsi alkohol;
    6 pengemudi atau pengendara ranmor yang
    melawan arus;
  5. pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan melalui upaya penegakkan hukum secara tegas dan terukur terhadap pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran prioritas tersebut,

maka pelaksanaan operasi ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi, yaitu

  1. terciptanya situasi lalu lintas yang aman,
    tertib dan lancar  pada lokasi rawan
    kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan
    lalu lintas;
  2. meningkatnya ketertiban dan kepatuhan
    serta disiplin masyarakat dalam berlalu
    lintas.

Para peserta apel gelar pasukan yang saya hormati, pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas nantinya, yaitu:

  1. tingkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan utama dalam melaksanakan segala aktivitas;
  2. siapkan peralatan, sarana dan prasarana untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas operasi;
  3. jaga keselamatan anda dalam bertugas dan siapkan serta pelihara kondisi fisik danmental saudara untuk dapat melaksanakan operasi kepolisian dengan sebaik-baiknya;
    4 laksanakan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis di dukung penegakan hukum secara elektronik teguran dalam rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dlm berlalu lintas;
    5 lakukan komunikasi, koordinasi dan kedepankan sinergitas dengan seluruh instansi terkait dan segenap elemenn masyarakat dalam rangka keberhasilan operasi ini.

Hadirin dan peserta apel yang saya hormati, sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam apel gelar pasukan “operasi zebra seulawah-2022. semoga pengabdian yang telah diberikan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Allah S.W.T.(@h)

No More Posts Available.

No more pages to load.