Kodim 0106/Aceh Tengah Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana “Bersama TNI Membangun Bangsa”

oleh

Suarajurnalisnews.com-Takengon.

Kasdim 0106/ Aceh Tengah Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd., AIFO. buka Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Kodim 0106/Aceh Tengah Ta.2022 “Bersama TNI Membangun Bangsa”bertempat di Aula Makodim 0106/Ateng Jln. Lut tawar, Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah.

Sebagai TNI Siap mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga akan terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Sambutan Dandim 0106/ Ateng diwakili oleh Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd., AIFO. menyampaikan program pembinaan masyarakat tanggap bencana suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat di wilayahnya dengan tujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam, melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam, hal ini tercantum dalam tugas TNI dalam operasi militer selain perang ( omsp ) adalah membantu dalam menanggulangi bencana alam ( uu no.34 / 2004 , pasal 7 ayat 2 ) .

Kegiatan ini agar semua elemen bekerjasama dan bersinergi antar instansi terkait maka akan mendapat hasil yang maksimal, pada kegiatan program pembinaan masyarakat tanggap bencana Kodim 0106 /Ateng TA 2022 ini mengambil tema ” bersama TNI membangun bangsa ” dengan tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam serta menekan kerugian baik korban jiwa dan harta benda akibat dari bencana alam .

Sasaran yang ingin dicapai adalah peningkatan kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi kerawanan daerah bencana alam dan perlunya sosialisasi / penyuluhan kepada warga setempat.” Tutupnya’.

Kalaksa BPBD Aceh Tengah Ir.Andalika ST. Menyampaikan BPBD ini tidak dapat bekerja sendiri kami juga membutuhkan bantuan dari rekan-rekan dari TNI- Polri masyarakat pemerintah lainnya dan begitu juga proses-proses dalam terjadinya bencana alam.terbagi 3 yaitu Sebelum terjadi bencana, Pada saat terjadi bencana, Setelah terjadi bencana
tugas kita diminta untuk selalu siap.

Selanjutnya adalah bagaimana kerjasama dan komitmen antar sektor dan bidang masyarakat saling berhubungan dalam bencana yang berbasis pengurangan risiko penanganan darurat ketika terjadi bencana bagaimana kita mengevakuasi saat terjadi bencana.

Kami juga mengimbau kepada masyarakat, untuk peduli dengan pencegahan bencana alam bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah tapi juga tanggung jawab kita bersama.”ucapnya”.

Dalam acara tersebut tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0106/ Ateng Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd., AIFO. Kalaksa BPBD Aceh Tengah Ir.Andalika ST, Kadis Kesehatan Aceh Tengah, dr. Yunasri, Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Aceh Tengah Tirta Nico Pratama SE.M,Si, Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Penanganan Bencana Alam Dinas Sosial Aceh Tengah Azmi, Para Basarnas Aceh Tengah, Para Tagana Aceh Tengah, Para TRC BPBD Aceh Tengah, Para Damkar Aceh Tengah, PSC 119 Aceh Tengah, Para Bhabinkamtibmas Polres Aceh Tengah, Para Babinsa Kodim 0106/ Aceh Tengah.(Kiki)

No More Posts Available.

No more pages to load.