dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD Gelar Sosialisasi Peraturan Daerah Tentang Pencegahan Penyalahan Narkoba

oleh

Suarajurnalisnews.com|| Sumut

Anggota DPRD Fraksi NasDem Sumatera Utara dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD gelar sosialisasi peraturan ( sosper) tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba bersama BNN Yayasan Perguruan Islam Azizi di Jl. Kesatria No. 70 Kel. Pahlawan Kec. Medan Perjuangan. Selasa (30/8/2022).

Anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi NasDem Sumatera Utara dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD gelar sosperda Kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.

Sejumlah pertanyaan dari warga diantaranya, Apridha Nur, Tetty Handayani dan Dumasari yang masing-masing warga Kelurahan Pahlawan, mengaku enggan melaporkan korban penyalahguna Narkoba, karena tidak tau harus dilaporkan ke pihak mana. Bahkan warga ketakutan melapor karena dianggap kibus (pemberi informasi-red) ke pihak polisi, sehingga pihak pelapor dan yang dilaporkan akan terjadi perselisihan dikemudian hari, kata mereka.

Selain itu, Tetty juga mempertanyakan tempat rehabilitasi penyalahguna Narkoba yang gratis, sebab pada umumnya korban penyalahguna Narkoba berasal dari kalangan warga miskin. Namun dia berharap sosialisasi pencegahan Narkoba seperti dilakukan dr. Mustafa dilakukan secara terus menerus agar masyarakat bisa memahami akibat buruk dari penyalahgunaan Narkoba, katanya.

Menyikapi hal tersebut, dokter spesialis penyakit dalam itu berharap melalui Perda Sumut  No.1 Tahun 2019 dapat memberikan kepastian hukum kepada masyarakat Sumatera Utara, termasuk pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan Narkoba untuk menjalani program rehabilitasi medis dan/atau rehabilitasi sosial. Tempat rehabiliasi Narkoba bisa dibawa ke RSUP H Adam Malik dan RS Jiwa Muhammad Ildrem Medan.

Acara Sosialisasi juga menghadirkan narasumber Dr Kariaman Sinaga,MAP yang juga menjabat Dekan Fisip Universitas Dharmawangsa Medan, serta dihadiri Lurah Pahlawan, Tongku Panusunan Siregar, Kepling 13, M Fadhil, Babhinkantibmas, Aiptu Gunawan, Kepsek SD Azizi, Ibrahimn S.Pd, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Azizi, M Nazib,SH, Ketua Ranting Partai NasDem Kelurahan Pahlawan, Martua Siregar, Pembina Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI), Muhammad Ichwan,SE, Komunitas Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Syahrul, Delfy Siregar, Elvina Mailani, Siska dan sejumlah undangan lainnya.

Dr Kariaman Sinaga juga menjelaskan bahwa, upaya fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dapat dilakukan  melalui, keluarga, lingkungan masyarakat, satuan pendidikan, organisasi kemasyarakatan,badan usaha, tempat usaha, hotel/penginapan, pemondokan/asrama dan tempat hiburan, lembaga Pemerinatah Daerah dan DPRD, media massa yang dikordinasikan dapat dikoordinasikan dengan instansi terkait.

Sebelumnya Kepala Sekolah SD Yayasan Azizi,  Ibrahimn S.Pd mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD yang selama ini banyak memperhatikan kemajuan pendidikan di Yayasan Azizi seperti bantuan pembangunan gedung sekolah dan mengatasi banjir di Jalan Kesatria. “Kami doakan semoga pak Mustafa nanti terpilih kembali menjadi anggota dewan untuk kemaslahatan umat,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Lurah Pahlawan, Tongku Panusunan Siregar, terimakasih dan apresiasi warga kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Komisi A dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD yang telah menggelar Sosper No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di wilayah kerjanya.

Acara Sosper diakhiri dengan pemberian Al Quran dari dr Mustafa kepada Kepala Sekolah SD Yayasan Azizi dan sebaliknya pihak sekolah memberikan plakat ucapan terimakasih dan penghargaan kepada anggota dewan dari Komisi A DPRD Sumut tersebut.

Turut hadir dalam acara sosialisasi Sosper Ketua Komite Daerah Mahasiswa NasDem Kota Medan  Muhammad Ichwan, Warga begitu antusias mendengarkan sosialisasi tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, serta menjaga jarak sesuai dengan aturan yang berlaku. Tingginya angka pengguna Narkoba di Sumatera Utara, menjadi alasan utama sosialisasi ini dilakukan. “Di Sumut dan Kota Medan angka Narkotika cukup tinggi,” ungkapnya.

Menurut politisi Nasdem tersebut, acara ini di lakukan untuk menyadarkan dan menyatakan melawan perang terhadap Narkoba yang kian hari kian merabak di beberapa titik kota di Provinsi Sumater Utara, seperti Medan dan Deliserdang. ”Kita harus menyatakan perang terhadap barang (narkoba) ini, harus habis-habisan kita nyatakan perang, agar generasi kita selamat,” ucap Muhammad Ichwan.

Harapan yang mendalam, di sampaikan dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD. Ia berharap agar kelak aset termahal bangsa ini dapat di kelola dengan benar dan kedepannya mampu untuk meneruskan perkembangan bangsa ini. “Ya harapan kita, aset bangsa ini terus di jaga. Agar tak lagi ada yang hilang cita-citanya, atau bahkan tidak bisa melanjutkan prestasi karena terjebak oleh Narkoba. Dan kita akan terus mengupayakan itu” jelas dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD. (Ilyas)

No More Posts Available.

No more pages to load.