Bupati Deli Serdang Lepas 83 Mahasiswa/i KKN Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

oleh

Suarajurnalisnews.com-Deli Serdang – Sumut:

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan melepas Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNU-SU) TA 2022/2023, di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang. 

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang menyampaikan ucapkan selamat datang di kabupaten Deli Serdang dan begitu juga saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara telah memilih Kabupaten Deli Serdang sebagai tempat pelaksanaan Program KKN alternatif membangun desa,” kata Bupati dalam bimbingan dan arahannya.

“Saya percaya, pelaksanaan kuliah kerja nyata tentu akan banyak memberi manfaat bagi semua pihak, dan agar apa yang dilaksanakan memperoleh nilai tambah di desa mereka,” sambung Bupati.

Disebutkan Bupati, mahasiswa merupakan agent of social control dan agent of change. Semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi pasti sudah melekat bagi para mahasiswa, karena di samping belajar, mahasiswa juga dituntut untuk melakukan penelitian yang diabdikan kepada masyarakat.

Tentunya hal itu akan berdampak pada kesiapan para mahasiswa untuk kelancaran dan kesuksesan dalam menempuh pendidikan, sehingga diharapkan akan lahir kaum intelektual yang cerdas, berkualitas dan kaya dengan berbagai ilmu pengetahuan.

“Saya berharap agar para mahasiswa benar-benar menjalani dan mengikuti KKN ini dengan baik dan serius. Saya imbau agar membangun hubungan harmonis dengan masyarakat desa, hindari hal-hal yang dapat memicu konflik dengan masyarakat,” pesan Bupati.
Di tempat yang sama, Rektor UNU-SU, Dr. Ibnu Affan, SH., MH mengapresiasi Pemkab Deli Serdang yang telah memberi izin kepada para mahasiswa UNU-SU yang akan melaksanakan KKN di Deli Serdang, khususnya di Kecamatan Batang Kuis.

Keseluruhan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN sebanyak 83 orang dari berbagai fakultas, antara lain Fakultas Kesehatan, Ekonomi, dan Pendidikan. 

KKN tersebut, jelas Rektor, adalah Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar lebih berani terjun ke lapangan dalam melaksanakan kegiatan secara langsung.

“Kedepannya, kita berharap UNU-SU bisa melakukan pertukaran pelajar, baik dalam kampus antar program studi (Prod maupun dengan kampus lain, sehingga masing-masing kampus dapat memperoleh informasi tentang Prodi di satu kampus dengan kampus lain,” jelas Rektor.

Rektor juga berharap adanya dukungan Pemkab Deli Serdang dan perusahaan, sehingga para mahasiswa tidak akan terkejut di lapangan ketika memasuki dunia kerja.

Dalam pelaksanaan KKN, diharapkan para mahasiswa memperhatikan sisi kemanusiaan di setiap desa atau tempat yang akan ditemui. Bila menemukan hal-hal yang dapat menimbulkan keresahan atau mengharapkan bantuan, para mahasiswa harus sigap membantu, dan jangan mengharapkan imbalan.

“Sebagai manusia-manusia yang berilmu, bisa membagikan ilmu kepada masyarakat. Jagalah nama baik UNU-SU, agar kedepannya kampus kita bisa semakin maju dan berkembang,” tutup Rektor.

Hadir pula pada pelepasan Mahasiswa KKN UNU-SU tersebut, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan, Drs Citra Effendi Capah MSP; Kadis Pendidikan, Yudi Hilmawan SE MM; Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Drs H Misran Haloho MSi; Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kepala Badan Pendapatan Daerah, H Timur Tumanggor SSos MSi; Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Drs Zainal Abidin Hutagalung; Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Deli Serdang, Drs Syahrul MPd; Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Deli Serdang, Mukti Ali Harahap SAg MSi; Wakil Rektor II, H Syahrial Tambunan MBA; Camat Batang Kuis, Avro Wibowo SSTP, para kepala desa, dosen, dan 83 mahasiswa peserta KKN. (Ilyas)

No More Posts Available.

No more pages to load.