Babinsa Desa Bustanussalam Bantu Petani Rawat Tanaman Jagung

oleh

Gayo Lues, Aceh– Hanpangan merupakan salah satu peran Babinsa di masyarakat, itulah yang menjadi tolak ukur Babinsa Koramil 03/ Blangkejeren Kodim 0113/ Galus dalam melakukan perawatan tanaman jagung dengan penyemprotan dan pemupukan di lahan tidur milik masyarakat Ds. Bustanussalam Kec. Blangkejeren Kab. Galus.

Menurut Danramil Kapten Inf Fazrul Azwar, Tumbuhnya gulma pada area tanaman jagung ini akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak pada rendahnya kualitas hasilnya nanti.

Pada tanaman jagung, gulma biasanya akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya tanaman jagung. Gulma secara langsung bersaing dengan tanaman utama untuk mendapatkan air, unsur hara, cahaya dan faktor tumbuhan lainnya.

Untuk mengatasi gulma pada tanaman jagung,Babinsa pengaplikasian racun rumput atau herbisida sistemik yang selektif terhadap tanaman jagung atau bisa dikatakan cara kerjanya spesifik hanya meracuni gulmanya tanpa mengganggu pertumbuhan tanaman jagung baik itu gulma daun sempit atau daun lebar.

Usai melakukan pengendalian gulma dengan penyemprotan herbisida, Serka Saifuddin sebagai Babinsa Ds. Bustanussalam Kec. Blangkejeren Kab. Galus melakukan pemupukan yang kedua pada tanaman jagung dengan Urea dengan pengaplikasian di taburkan di seputaran tanaman jagung.

Dengan harapan upaya yang dilakukan ini bisa mendukung pertumbuhan tanaman yang  optimal dan menghasilkan produktifitas sesuai dengan target atau yang diharapkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.