Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sarana Meneladani Akhlak Manusia Terbaik Dalam Kehidupan Sehari- Hari Prajurit Dan PNS Kodam III/Slw

oleh

Bandung // Suarajurnalisnews.Com- Dalam upaya meneladani akhlak manusia terbaik Nabi besar Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, Kodam III/Slw menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H/2022 M, bertempat di Masjid Al-Ikhlas Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, pada Kamis.(13/10/2022)

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Tema, “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Dalam Kehidupan Sehari-hari” tersebut dihadiri oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam III/Slw yang berada di Mako 1 dan 2 dengan menghadirkan penceramah Prof. Dr. KH Zaenal Abidin, M.Ag., Dosen pasca sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapok Sahli Pangdam III/Slw Brigjen TNI Kuat Budiman, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H/2022 M, karena menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, sekaligus pula sebagai media tholabul’ilmi guna memahami ajaran agama Islam dengan baik dan benar sesuai tuntutan Al-Quran dan As-Sunnah.

”Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tentunya bukan semata wujud dari kecintaan kita terhadap sosok manusia terbaik, tetapi hal yang terpenting adalah kita mampu istiqomah menjalankan syariat yang dibawanya, yaitu Agama Islam, serta mampu menjadikannya sebagai teladan dalam semua sisi kehidupan kita”, tegasnya.

Sementara itu, Almukarom Prof. Dr. KH. Zaenal Abidin, M.Ag., dalam ceramahnya menguraikan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Dikatakannya kalau kita ingin mengetahui akhlak seseorang, maka kita harus bertanya kepada yang dekat dengan orang tersebut, seperti halnya kalau ingin mengetahui akhlak mulia baginda Rasulullah, maka keterangan yang benar tentang akhlak Rasulullah adalah para istri Rasulullah.

Akhlak baginda Rasulullah menurut Siti Khadijah yang mendampingi baginda Rasulullah baik sebelum maupun sesudah jadi Nabi, yaitu Rasulullah selalu menjaga silaturahmi, gemar meringankan beban orang lain. Selain itu Rasulullah selalu sibuk mengurus umat dan apabila kedatangan tamu, Rasulullah senantiasa memuliakannya serta selalu membantu orang yang sedang membela kebenaran.

Lain hal kebiasaan baginda Rasulullah bersumber dari Siti Aisyah, bahwa prilaku Rasulullah ibarat jelmaan Al-Quran, shalatnya khusu, tidak pernah melakukan perbuatan yang sia-sia, selalu menunaikan zakat, infaq, shodakoh, menjaga kehormatan dirinya, senantiasa menjaga amanah dan komitmen menunaikan janji serta selalu menjaga nilai-nilai shalat.

Zaenal Abidin mengajak kepada seluruh jemaah untuk meniru akhlak mulia baginda Rasulullah Muhammad SAW dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Turut hadir, Asrendam dan para Asisten Kasdam III/Slw, Pa Liasion AL, Danbrigif 15 Kujang II, para Komandan Satuan dan Kabalakdam III/Slw, Dandenmadam III/Slw serta Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/ Siliwangi.(Red/Joe)

Sumber : Pendam III/Siliwangi.

No More Posts Available.

No more pages to load.